SWOT Analysis (Strengthness, Weakness, Opportunities,
Threats)
SWOT merupakan suatu bentuk analisis didalam manajemen
perusahaan atau di dalam suatu organisasi yang secara sistematis dapat membantu
suatu perusahaan dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang dalam rangka
untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dijangkau, baik tujuan tersebut dalam
jangka waktu pendek maupun dalam tujuan dalam jangka panjang.
SWOT merupakan suatu bentuk analisa situasi dan juga kondisi
yang bersifat deskriptif (memberikan suatu gambaran).
Analisa tersebut dapat menempatkan situasi dan kondisi
sebagai faktor – faktor masukan yang di kelompokkan menurut kontribusinya
masing – masing. Satu hal yang perlu diingat adalah analisa SWOT ini semata –
mata sebagai sebuah analisa yang ditunjukkan untuk menggambarkan situasi yang
sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang dapat memberikan
jalan keluar bagi permasalahan yang sedang dihadapi.
Manfaat dari analisis SWOT adalah sebagai metode analisis
yang paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu
permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. Hasil dari analisa tersebut biasanya
berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan – kekuatan perusahaan
dalam rangka untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang sudah ada, dan
mengurangi kekurangan – kekurangan yang sudah ada dalam rangka untuk
menghindari suatu ancaman bagi perusahaan. Peran dalam analisis tersebut
digunakan untuk meminimalisasi kelemaan yang terdapat didalam suatu perusahaan
atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang rimbul dan yang harus
dihadapi.
SWOT;
1. Strengthness (S), analisa dari kekuatan perusahaan, situasi
maupun kondisi yang merupakan suatu kekuatan dari suatu organisasi pada saat
ini. Yang harus dilakukan didalam analisis ini adalah setiap perusahaan perlu
menilai kekuatan – kekuatan yang ada dalam perusahaan yang ingin di analisis. Jika
suatu kekuatan didalam suatu perusahaan tersebut unggul dalam teknologinya,
maka keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan kualitas yang lebih maju.
2. Weakness (W), analisa dari kelemahan perusahaan, situasi
maupun kondisi yang merupakan suatu kelemahan dari suatu organisasi pada saat
ini. Yang harus dilakukan didalam analisis ini adalah menganalisis kelemahan
didalam sebuah perusahaan atau organisasi yang menjadi kendala yang serius
dalam kemajuan suatu perusahaan.
3. Opportunity (O), analisa dari peluang perusahaan, situasi
maupun kondisi yang merupakan suatu peluang dari suatu organisasi pada saat
ini. Yang harus dilakukan didalam analisis ini adalah memberikan perencanaan
peluang yang berkembang bagi suatu organisasi di masa depan dengan terobosan –
terobosan yang daoat memungkinkan suatu perusahaan untuk dapat berkembang
dimasa yang akan datang.
4. Threats (T), analisa dari ancaman perusahaan, situasi maupun
kondisi yang merupakan suatu ancaman dari suatu organisasi pada saat ini. Yang harus
dilakukan didalam analisis ini adalah menganalisis suatu tantangan atau ancaman
yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan dalam berbagai macam faktor
lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan dan mengakibatkan
kemunduran. Jika tidak segera diatasi, maka ancaman tersebut akan berubah
menjadi penghalang bagi suatu perusahaan yang bersangkutan baik dimasa sekarang
maupun dimasa yang akan datang.
semoga bermanfaat ^^
by ; ind - cuxx
No comments:
Post a Comment