Thursday, 4 February 2016

KONSEP SWOT (Strengthness, Weakness, Opportunity, Threats)



SWOT Analysis (Strengthness, Weakness, Opportunities, Threats)

SWOT merupakan suatu bentuk analisis didalam manajemen perusahaan atau di dalam suatu organisasi yang secara sistematis dapat membantu suatu perusahaan dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dijangkau, baik tujuan tersebut dalam jangka waktu pendek maupun dalam tujuan dalam jangka panjang.

SWOT merupakan suatu bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberikan suatu gambaran).

Analisa tersebut dapat menempatkan situasi dan kondisi sebagai faktor – faktor masukan yang di kelompokkan menurut kontribusinya masing – masing. Satu hal yang perlu diingat adalah analisa SWOT ini semata – mata sebagai sebuah analisa yang ditunjukkan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang dapat memberikan jalan keluar bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

Manfaat dari analisis SWOT adalah sebagai metode analisis yang paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. Hasil dari analisa tersebut biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan – kekuatan perusahaan dalam rangka untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang sudah ada, dan mengurangi kekurangan – kekurangan yang sudah ada dalam rangka untuk menghindari suatu ancaman bagi perusahaan. Peran dalam analisis tersebut digunakan untuk meminimalisasi kelemaan yang terdapat didalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang rimbul dan yang harus dihadapi.
SWOT;
1. Strengthness (S), analisa dari kekuatan perusahaan, situasi maupun kondisi yang merupakan suatu kekuatan dari suatu organisasi pada saat ini. Yang harus dilakukan didalam analisis ini adalah setiap perusahaan perlu menilai kekuatan – kekuatan yang ada dalam perusahaan yang ingin di analisis. Jika suatu kekuatan didalam suatu perusahaan tersebut unggul dalam teknologinya, maka keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan kualitas yang lebih maju.
2. Weakness (W), analisa dari kelemahan perusahaan, situasi maupun kondisi yang merupakan suatu kelemahan dari suatu organisasi pada saat ini. Yang harus dilakukan didalam analisis ini adalah menganalisis kelemahan didalam sebuah perusahaan atau organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan.
3. Opportunity (O), analisa dari peluang perusahaan, situasi maupun kondisi yang merupakan suatu peluang dari suatu organisasi pada saat ini. Yang harus dilakukan didalam analisis ini adalah memberikan perencanaan peluang yang berkembang bagi suatu organisasi di masa depan dengan terobosan – terobosan yang daoat memungkinkan suatu perusahaan untuk dapat berkembang dimasa yang akan datang.
4. Threats (T), analisa dari ancaman perusahaan, situasi maupun kondisi yang merupakan suatu ancaman dari suatu organisasi pada saat ini. Yang harus dilakukan didalam analisis ini adalah menganalisis suatu tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan dalam berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan dan mengakibatkan kemunduran. Jika tidak segera diatasi, maka ancaman tersebut akan berubah menjadi penghalang bagi suatu perusahaan yang bersangkutan baik dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang.


semoga bermanfaat ^^
by ; ind - cuxx

No comments:

Post a Comment